Rabu, 29 Desember 2010

SENI TATO TEMPORER DI OBJEK PARIWISATA PANTAI KUTA


Oleh
I Wayan Sedanayasa
NIM 0512031014
Jurusan Pendidikan Seni Rupa
Jumlah halaman 120


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Betuk desain tato temporer di objek pariwisata Pantai Kuta, (2) Alat dan bahan yang dipakai dalam proses pembuatan tato temporer di objek pariwisata Pantai Kuta, (3) Teknik pembuatan tato temporer di Pantai Kuta, (4) Aplikasi tato temporer di objek pariwisata Pantai Kuta.


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif,  penelitian ini dilakukan di objek pariwisata Pantai Kuta, dengan mengambil sampel para tukang tato temporer yang ada di objek pariwisata Pantai Kuta. Penelitian ini memakai teknik snowball yang  merupakan salah satu teknik dalam pengambilan sampel dari suatu populasi. Dimana snowball sampling ini adalah termasuk dalam teknik non-probability sampling (sampel dengan probabilitas yang tidak sama). Teknik pengambilan sampel seperti ini khusus digunakan untuk data-data yang bersifat komunitas dari subjektif responden/sampel, atau dengan kata lain obyek sampel yang kita inginkan sangat langka dan bersifat mengelompok pada suatu himpunan. Jadi dalam penelitian ini penulis mengambil sampel dari beberapa tukang tato temporer yang berbeda. Sampel-sampel yang dikumpulkan tidak memiliki kesamaan karena masing-masing tukang tato memiliki bentuk desain yang berbeda. Disamping itu juga sistem penyampelan ini akan bergerak dari satu tukang tato ke tukang tato yang lain berdasarkan rekomendasi atau masukan dari subjek atau tukang tato sebelumya. Sehingga jumblah sampel tidak dapat diketahui secara pasti jumblahnya ia akan terus bergerak seperti bola salju yang terus membesar sampai benar-benar berada pada titik jenuh yakni tidak ada lagi informasi baru yang didapat dari subjek atau populsi.

Hasil penelitian ini antara lain: (1) Bentuk-bentuk desain yakni : Bentuk manusia, flora dan fauna, kaligrafi, symbol, kartun, tribal, ekspresi. (2) Alat dan bahan meliputi : alat, spidol, kuas lukis, kuas bambu, kaleng minyak rambut. Bahan, rexona roll on, kertas kalkir, henna, air, lap kain, tizu. (3) Teknik dalam proses pembuatanya yaitu: teknik outline, teknik siluet dan teknik blok. (4) Aplikasi pada kaum laki-laki umumnya pada bagian leher, lengan, kaki, punggung dll. Sedangkan kaum perempuan pada kaki, leher, tengkuk dan punggung.

Kata kunci: tato, temporer, kartun, kaligrafi, tribal, pantai kuta, bali

1 komentar:

  1. Jika punya artikel yang lengkap, bisa juga hasil penelitian, mau deh baca-baca di blog ini. Tolong deh artikel tentang seni maupun bahasa!
    Thanks!

    BalasHapus

Powered By Blogger

Pengikut

Total Tayangan Halaman