Minggu, 05 Desember 2010

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN METAKOGNITIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAM SISWA KELAS VIII-B SMP NEGERI 2 TAMPAKSIRING



oleh
I Kadek Dipta Wardana 
NIM 0612011081                                                                     
Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia                                            
Fakultas Bahasa dan Seni



ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran metakognitif dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Tampaksiring, (2) mengetahui hasil peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Tampaksiring dengan penerapan model pembelajaran metakognitif, dan (3) mendeskripsikan respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran metakognitif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Tampaksiring.
           
Penelitian yang menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB SMP Negeri 2 Tampaksiring pada semester II Tahun Pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 39 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode tes, dan metode angket/kuesioner. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data mengenai langkah-langkah pembelajaran yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Sementara itu, data kemampuan membaca pemahaman siswa yang dikumpulkan dengan metode tes dan data respons siswa yang dikumpulkan dengan metode angket selanjutnya dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian pada tes kemampuan membaca pemahaman siswa menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata klasikal sebesar 6,44 dari 73,64 pada siklus I menjadi 80,08 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat beberapa langkah penerapan model pembelajaran metakognitif yang efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, (2) penerapan model pembelajaran metakognitif dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa, dan (3) siswa memberikan respons positif terhadap penerapan model pembelajaran metakognitif dalam pembelajaran membaca pemahaman.

Kata kunci : model pembelajaran, metakognitif,  membaca pemahaman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Pengikut

Total Tayangan Halaman