Rabu, 05 Januari 2011

PENERAPAN TEKNIK MEDITASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII A1 SMP NEGERI 4 SINGARAJA

Oleh
PUTU DESSI ROSDIANI
NIM 0612011008
JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) peningkatan kemampuan menulis puisi siswa kelas VIII A1 dengan menerapkan teknik meditasi, (2) langkah-langkah pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan teknik meditasi, dan (3) respons siswa kelas VIII A1 terhadap teknik meditasi dalam pembelajaran menulis puisi.

Penelitian ini dirancang dalam bentuk penelitian tindakan dengan menggunakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A1 SMP Negeri 4 Singaraja pada semester genap tahun ajaran 2009/2010 yang terdiri atas 32 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, tes, angket, dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitaif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) penerapan teknik meditasi dalam pembelajaran menulis puisi dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis puisi. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai rata-rata menulis puisi yang diperoleh siswa, yaitu sebelum menerapkan teknik meditasi dalam pembelajaran menulis puisi, nilai rata-rata siswa sebesar 67,19. Setelah menerapkan teknik meditasi  siklus I nilai rata-rata siswa mencapai 71,09 dan meningkat pada siklus II menjadi 83,13. (2) penerapan teknik meditasi dalam pembelajaran menulis puisi dapat dilaksanakan dengan menerapkan langkah-langkah yang tepat. Langkah-langkah pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan teknik meditasi, yaitu (a) memberikan apersepsi, (b) menjelaskan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menulis puisi dengan menerapkan teknik meditasi, (c) membimbing siswa menemukan ide dengan bermeditasi, (d) memberikan kesempatan beberapa siswa untuk menyampaikan idenya di depan kelas, (e) menugasi siswa menulis puisi dengan ide yang didapatkan melalui meditasi, (f) siswa mengumpulkan pekerjaannya, (g) memberikan komentar terhadap pekerjaan siswa, (h) memberikan simpulan dan menutup pelajaran. (3) Siswa kelas VIII A1 SMP Negeri 4 Singaraja memberikan respons positif terhadap pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan teknik meditasi. Berdasarkan hasil penelitian ini,  peneliti menyarankan kepada guru bahasa Indonesia agar, (a) meningkatkan kreativitas dalam mengajar, (b) menerapkan teknik meditasi dalam pembelajaran menulis puisi dengan menerapkan langkah-langkah pembelajaran yang telah ditemukan peneliti. Peneliti juga menyarankan kepada peneliti lain agar melakukan penelitian sejenis dengan menggunakan variabel yang berbeda guna memeroleh hasil penelitian ynag lebih maksimal.

Kata kunci: teknik meditasi, menulis puisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger

Pengikut

Total Tayangan Halaman